Jepang Diguncang Gempa Terbesar Sepanjang Sejarahnya

Gempa luar biasa hebat dan Tsunami besar memporak porandakan Jepang. Gempa berkekuatan 8,9 Magnitude tersebut berasal dari 130 km arah tenggara Tokyo. Gempa paling besar dalam sejarah Jepang itu juga dirasakan oleh beberapa negara di sekitarnya termasuk Cina.
Terdapat sekitar tujuh gempa bumi dengan kekuatan sekitar 8 skala Richter yang pernah mengguncang Jepang mulai 1891. Gempa dengan kekuatan 7,9 SR yang menewaskan 147.000 orang sebelumnya terjadi pada 1923 di Kanto. Gempa Aceh pada 2004 berkekuatan 9,3 SR sedangkan Gempa Jepang terbaru memiliki rasi 8,9 SR
Wilayah pasifik Jepang memiliki jalur membujur yang sama dengan wilayah timur Indonesia, Alaska hingga Rusia, yang termasuk dalam cincin api.
Dari Jepang ini, Cincin Api pecah menjadi dua. Pertama, ke barat cincin ini menyusur ke Filipina, lalu kepulauan di atas Sulawesi Utara, Maluku Utara, selanjutnya menyusur ke selatan ke wilayah Maluku, Nusa Tenggara. Jalur ini kemudian berbelok ke barat menyusuri daerah perairan selatan Pulau Jawa dan Pulau Sumatera, lalu di wilayah Asia bagian selatan.

Tsunami besar melanda di sebagian besar pantai tImur Jepang. Gelombang tsunami paling besar terjadi di Senday Citu, dilaporkan setinggi 10 meter. Bahkan Gempa tersebut mengakibatkan gelombang Tsunami setinggi 2 meter Di California Amerika.
Setelah gempa terjadi dikawatirkan Tsunami akan mengancam 50 negara pasific terancam. selamat, pantai amerika dijangkau. Di negara Guam, Indonesia, Filipina tidak dilaporkan adanya kerusakan. Tetapi di Crescent City California Amerika sempat terjadi gelombang setinggi 2 meter.
Dilaporkan oleh kantor berita CNN lebih dari 80 titik kebakaran termasuk di ladang minyak terjadi paska gempa. Banyak kecelakaan terjadi di jalan tol saat gempa besar itu melanda. Seratus orang lebih meninggal di jalan toll, diduga korban akan meningkat.
Polisi menemukan 200-300 mayat di Sendai City. Ribuan korban sudah dilaporkan terjadi di seluruh penjuru bencana di Jepang. Sangat mungkin jumlah korban di sini akan semakin bertambah besar.

Meski Jepang termasuk dianggap negara yang paling siap menghadapi gempa dan tsunami tersebut akhirnya tidak kuasa juga menahan kekuatan alam. Masih juga banyak bangunan yang hancur dan rata dengan tanah meski dibangun dengan struktur anti gempa tetapi. Korban jiwa terus berjatuhan atau orang hilang semakin banyak akibat Gempa dan tsunami yang memporak porandakan seluruh wilayah propinsi Jepang. Propinsi yang paling parah adalah daerah sepanjang pantai Timur seperti di Iwate, Sendai dan Fukushima.
Perdana menteri Jepang sesaat setelah gempa melakukan pernyataan bahwa reaktor nuklir yang berada di Jepang dalam keadaan aman. Saat terjadi gempa sistem yang ada otomatis berhenti. Meski dinyatakan tidak ada kebocoran reaktor nuklir, tetapi 2000 orang di Fukushima di evakuasi karena dikawatirkan dampak radiasi nuklir tersebut. Ternyata pernyataan Perdana Menteri Jepang tentang amannya tenaga nuklir harus dikoreksi dahulu karena masih sedang dalam evaluasi.
Bandara ditutup sehingga semua jadwal penerbangan dari dan menuju Jepang ditunda. Begitu juga sarana transportasi laut dan pelabuhan di Jepang lumpuh. Transportasi darat juga sebagian besar lumpuh. Kereta api, MRT, Subway tidak bisa beroperasi. Lampu lalu intas mati sehingga jalanan kacau dan macet. Banyak antrian panjang terjadi dimana-mana menunggu transportasi. Sebagian masyarakat akhirnya harus rela berjalan kaki menuju rumah dari pada harus menunggu antrian panjang yang tidak pasti.

Jepang memiliki lebih dari 3.000 pulau yang terletak di pesisir Lautan Pasifik di timur benua Asia. Istilah Kepulauan Jepang merujuk kepada empat pulau besar, dari utara ke selatan, Hokkaido, Honshu, Shikoku, dan Kyushu, serta Kepulauan Ryukyu yang berada di selatan Kyushu. Sekitar 70% hingga 80% dari wilayah Jepang terdiri dari pegunungan yang berhutan-hutan, dan cocok untuk pertanian, industri, serta permukiman. Daerah yang curam berbahaya untuk dihuni karena risiko tanah longsor akibat gempa bumi, kondisi tanah yang lunak, dan hujan lebat. Oleh karena itu, permukiman penduduk terpusat di kawasan pesisir. Jepang termasuk salah satu negara berpenduduk terpadat di dunia.
Gempa bumi berkekuatan rendah dan sesekali letusan gunung berapi sering dialami Jepang karena letaknya di atas Lingkaran Api Pasifik di pertemuan tiga lempeng tektonik. Gempa bumi yang merusak sering menyebabkan tsunami. Setiap abadnya, di Jepang terjadi beberapa kali tsunami. Gempa bumi besar yang terjadi akhir-akhir ini di Jepang adalah Gempa bumi Chūetsu 2004 dan Gempa bumi besar Hanshin tahun 1995



Labels : wallpapers Mobile Games car body design Hot Deal
Category:

0 komentar:

Posting Komentar

Search Terms : property home overseas properties property county mobil sedan oto blitz black pimmy ride Exotic Moge MotoGP Transportasi Mewah free-islamic-blogspot-template cute blogger template free-blog-skins-templates new-free-blogger-templates good template blogger template blogger ponsel Download template blogger Free Software Blog Free Blogger template Free Template for BLOGGER Free template sexy Free design Template theme blogspot free free classic bloggerskin download template blog car template website blog gratis daftar html template kumpulan templet Honda SUV car body design office property properties to buy properti new